Laman

Kamis, 09 Februari 2012

persahabatan singkat dengan jangkrik....


            Setelah jam istirahat perut kenyang, hati damai sejahtera sentosa bahagia lahir batin karena udah makan bekel buatan mama yaitu paku tanpa susu, eh maksudnya sosis sama nugget.Dan selesai istirahat , saatnya pelajaran biologi dan hari ini gue praktek menggunakan binatang, apakah hari ini bermain dengan kodok lagi..? oh.. tidak.. hari ini gue ber-praktekria dengan makhluk yang punya sayap dan paruh.Yap benar.. gue akan praktek dengan binatang jangkrik.
            Gue lupa bawa jas lab, alhasil gue minjem deh sama anak ipa 2, dan buseet gue malah minjem ke manusia yang badannya 2x lipat dari gue yang membuat gue kelelep waktu pake jas labnya dia.Hari ini yang perlu di bawa itu 2 jangkrik dan beberapa kapas.Yang kebagian tugas bawa jangkrik itu si Dika, dan yang bawa kapas itu si Eha.Waktu di lab , si Dika ngunjukin ke gue jangkrik yang di bawa, dia gak cuman bawa dua, tapi dia malah bawa sekitar 8 jangkrik.Niat tuh orang bawa-bawa adeknya ke sekolah.Nah kalo si Eha bawa kapasnya juga banyak, sampe plastik-plastiknya juga di bawa.Kelompok kami udah siap banget (kayaknya).
            Kelompok gue emang rada-rada,anggotanya gue , Fikri, Eha sama si Dika.Waktu guru nerangin apa yang harus di lakuin apa yang nanti di kerjain waktu praktek nanti, gue sama kelompok gue malah gambreng, nentuin siapa yang jadi sekertaris buat nulis laporan.
“ Okee… yang beda sendiri itu yang nulis laporan “ kata Eha..
”Oke..!! “

waktu gambreng, semua tangannya sama, 1 kali, 2 kali ,3 kali masih sama.Sampe akhirnya..
            “kapan selesainya ini mah, udah lah.. yang last man standing yang nulis laporan” kata gue.
Mereka bertiga mengiyakan.
Ternyata melalui perdebatan gambreng cukup lama, Fikri lah yang tersisa dan dia lah yang menjadi penulis laporan ( beberapa hari yang lalu, dia juga yang nulis laporan praktek).Fikri cuman bilang dengan madesu....
            “ah.. sial.. gue lagi”

            Jadi prakteknya gini
1. Ambil kapas dan tetes kan larutan yang wana kuning tiga kali lau masukkan kedalam botol kecil
2.Pilihlah jangkrik favorit anda dan masukkan kedalam botol berisi kapas tadi.
3.Tutup botol dan tempelkan plastisin agar tidak ada udara yang masuk kedalam botol

Nah ada benda berbentuk silinder kecil yang nempel di luar botol, dan ada lubang yang mengikuti silinder itu sampai ke ujung silinder.Gunanya benda itu , nanti benda itu di tetes larutan dan ketika jangkrik bernafas di dalam botol , larutan itu akan menuju ke arah jangkrik karena tekanan udara berpusar di silinder itu saja.

            Semua udah siap, Dika netesin larutan ke ujung silinder,namun aneh, kenapa larutan itu gak bergerak ke arah jangkrik..?? Akhirnya kami sepakat untuk mengganti jangkriknya, dan bener aja waktu jangkriknya di ganti, daya nafas jangkrik itu kuat, sampai menarik larutan dengan cepat, dan terjadilah percakapan bodoh antara anggota kelompok gue.

Gue      :” BUSEET.. napas nya tuh jangkrik kuat bener..”
Fikri     :” Iya.. gak kayak yang tadi .. gak ada tenaga napasnya..”
Dika     : ( ngangguk-ngangguk)
Eha      :” iya.. ini mah atlit renang atau pelari kali jangkriknya, jadi kuat nafasnya”
Dika     : (ketawa doang)
Fikri     : “ hahaha.. iya.. yang tadi mah penyakitan..”
Gue      :”Iyaa.. kebanyakan narkoba kali jangkrik tadi”
Eha      : “iya.. kayaknya yang tadi jangkrik  perokok deh..”

            Gue ngerasa kasian dengan jangkrik yang pertama.Pasti kalo dia bisa ngerti bahasa manusia dia bakal lari pulang kerumahnya kemudian nangis sambil shampoan di bawah rintikan air dari shower.Jangkrik yang tersakiti lahir serta batin.Kasian…
            Setelah tiga menit, jangkrik perkasa yang ada di botol pun dikeluar, namun aneh .. dia teller kayak abis ngirup ratusan aibon bekas.Sekarang kepercobaan yang kedua.
Dan terjadi lagi percakapan bodoh untuk menentukan jangkrik berikutnya antara gue sama Fikri.

Gue      :” Fik. Yang mana nih…? Korban berikutnya..”
Fikri     :” Yaudah.. tunggu aja..??”
Gue      : “ maksud lo..?
Fikri     :” Iya.. biarin mereka berantem .. terus yang berdiri paling akhir itu yang kita
                ambil
Gue      : “kelamaan itu mah fik.. keburu abis waktunya..” (gue bingung)
Fikri     : “yaudah.. kita seleksi aja dulu.. mereka suruh nyanyi.. yang bagus kita
               ambil”

di saat kami di landa kebingungan yang amat,Dika dateng dateng ( tadi dia abis nelpon )langsung ngeluarin jangkrik paling gede dan masukin kedalam botol praktek,Gue sama Fikri bengong.
Seperti yang di lakukan saat percobaan pertama tadi.Jangkriknya pun bisa menarik larutan.Jangkrik yang kuat , jangkrik yang suadah di imunisasi dan di beri vaksin polio.
            Semua praktek sudah selasai dan saatnya si Fikri untuk nulis laporan di selembar kertas yang udah di kasih.Sambil mengisi kekosongan, gue mainan jangkrik yang pertama gagal tadi.Siapa tau gue bisa menghibur dia karena udah di ledekin sama anggota kelompok gue tadi.Tuh jangkrik langsung akrab sama gue , dia berjalan di atas jari jari gue, ketelapak tangan gue, gue kegilian dan jadi ketawa ketawa.Untung aja dia gak ketek gue, kalo itu terjadi gue gak tau apa yang terjadi nanti.Nah.. lagi main gitu tau tau gue di gigit jangkrik.” Krekkk” sampe bunyi suara kayak gitu.Buseett.. gak terlalu sakit sih, tapi menimbulkan trauma yang berat ( canda ). Gue mencoba berfikir rasional kenapa gue di gigit.Oh iya.. mungkin dia bales dendam karena gue telah melukai hati nurani kecilnya.oke gak apaapa.

            Akhirnya Fiki selesai dengan kerjaannya.Dan anggota kelompok gue juga sudah membereskan bangku.Karena gue mengerti perasaan si jangkrik yang mengigit gue, gue lepas jangkrik itu seraya berkata..

”maaf yah untuk hari ini.. sekarang kamu bebas.. cari teman mu sebanyak- banyaknya.. mm.. tapi dikit juga gak apa apa.. yang penting mereka bisa di percaya.. ya..? semoga kita ketemu lagi..:D”

dan gue melepaskan jangkrik itu dengan tersenyum…

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar